1.      Materi Statistika
Kopetensi Dasar
-       Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
-       Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran

Menurut kami penerapan belajar yang sesuai dari kopetensi dasar di atas sebaiknya menggunakan metode eskpositori. Metode ekpositori yang dimaksud adalah menerangkan materi terlebih dahulu, memberikan contoh soal dan selanjutnya memberikan latihan-latihan pada siswa.
Kita sebagai guru menerangkan terlebih dahulu kepada siswa apa itu rata-rata, median dan modus dalam data tunggal dan bagaimana cara menentukan rata-rata, median dan modus tersebut. Seiring menjelaskan materi yang ada selipkanlah contoh-contohnya. Setelah meraka faham baru kita berikan suatu latihan-latihan untuk meraka terapkan materi yg telah dijelaskan. Selanjutnya setelah siswa selesai mengerjakan latihan tersebutnya, sebaiknya guru memeriksa pekerjaan siswa dan menerangkan hasil jawaban dari latihan tersebut.
Begitu juga pada kopentensi dasar yang kedua yaitu  menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran. Terlebih dahulu kita menjelaskan bagaimana penyajiaan data dalam bentuk tabel dan diagram ( batang, garis dan lingkaran). Selanjutnya berikan contoh dan latihan-latihan pada siswa.

0 komentar:

Posting Komentar